Kemeriahan Kota Paris menyambut Final Piala Dunia 2018

Kemeriahan Kota Paris menyambut Final Piala Dunia 2018Pesta kemeriahan sepak bola sangat terasa ekntal di seantero Prancis. Banyak warga Prancis yang turun kejalanan untuk menonton bareng Piala Dunia 2018. Berdasarkan laporan dari Tempo mengatakan kalau suasana di Prancis sangat meriah ketika Prancis masuk ke final Piala Dunia 2018.
Berbarengan dengan hari Bastille yang merayakan hari jadinya kemerdekaan Prancis yang dirayakan pada tanggal 14 Juli. Hanya berbeda satu hari dari pertandingan terakhir Final Piala Dunia 2018.
Untuk menyambut keberhasilan Prancis di panggung Internasional Piala Dunia 2018, pemerintah kota Paris mempersiapkan tempat untuk nonton di Champ-de-Mars dengan layar raksasa supaya warga setempat bisa nonton bareng melihat aksi Mbappe dan Pogba di dekat lapangan menara Eiffel.
Menurut laporan Kompas tersebut, euphoria kemenangan sudah ditunjukkan warga Paris ketika timnas mereka berhasil masuk ke Final Piala Dunia 2018. Bahkan warga sempat memblokir jalan di Rue Clignancourt sambal menyanyikan lagu kemenangan di tengah malam.
Sepertinya warga Prancis benar-benar bahagia melihat timnas negaranya berhasil melaju ke babak final Piala Dunia 2018.
Euforia kemenangan tidak hanya dirasakan warga Prancis. Para turis dan pendatang yang menentap di Prancis ikut tertular dalam kegembiraan kemenangan.
Terdapat salah satu stasiun televisi Prancis yang melaporkan kegembiraan warga Prancis yang merayakan keberhasilan timnas Prancis masuk ke final, namanya adalah TF1.
Euforia, pesta, dan sorak-sorai kegembiraan terdengar di seluruh sudut-sudut kota di negri Prancis. Dari Marseille, Nantes, Hingga Paris semuanya datang untuk ikut nonton bareng di tempat-tempat yang sudah disediakan, mulai dari kafe sampai ruangan terbuka.
Mereka semua sangat menantikan pertandingan Final Piala Dunia 2018.
Ada seorang reporter Kompas yang menyebutkan dirinya bersama beberapa warga Indonesia ikut dalam memeriahkan nonton bareng yang di gelar di lapangan dekat Menara Eiffel. Dikabarkan juga daerah nonton bareng tersebut sudah dipenuh masyarakat sejak siang.
Sang reporter sangat merasakan optimism dan harapan yang dirasakan seluruh warga Prancis, mulai dari warga biasa hingga politikus Prancis.
Bahkan Presiden Prancis, Emmanuel Macron dikabarkan akan menonton timnas Prancis bertanding di final secara langsung. Tetapi Macron tidak akan menyaksikan penyerahan medali dan trofi juara, sang Presiden lebih memilih untuk langsung pulang dan mempersiapkan tim khusus untuk menerima timnsa Prancis di Istana Kepresidenan, Palais de l’Elysee.
Sering terdengar ucapan dari warga Prancis yang mengatakan “Wajar jika kita menang. Ini siklus 20 tahunan”.
Seluruh warga Prancis benar-benar menantikan kemenangan mereka untuk kedua kalinya di Piala Dunia. Setelah sebelumnya pernah menang pada Piala Dunia 1998, Prancis rindu dengan euphoria yang mereka rasakan pada waktu itu.