Final Piala Dunia 2018 Prancis vs Kroasia, duel antar murid

Nampaknya Final Piala Dunia 2018 akan menjadi duel murid Miroslav Blazevic. Didir Deschamps pelatih Prancis dan Zlatko Dalic pelatih Kroasia, keduanya merupakan anak murid dari Blazevic. Lantas siapakah sosok Miroslav Blazevic ini?

Timnas Prancis akan bertanding melawan timnsa Kroasia pada final Piala Dunia 2018 yang diadakan di Luzhniki Stadium, Moskva, nanti malam pukul 22.00 WIB.

Pertandingan ini akan menjadi kesempatan perdana Deschamps maupun Dalic untuk memberikan gelar juara bagi masing-masing negara sebagai pelatih.

Meskipun sebelumnya Deschamps pernah membawa Prancis menjadi juara Piala Dunia 1998. Tetapi pada saat itu dirinya bukanlah pelatih, melainkan pemain Prancis.

Bagi Zlatko Dalic, babak final Piala Dunia 2018 merupakan pertandingan paling penting dalam sejarah Kroasia. Pasalnya final Piala Dunia 2018 merupakan final pertama untuk timnas Kroasia.

Mau bagaimanapun Piala Dunia 2018 akan berakhir nantinya, ada sosok yang sudah berbangga diri melihat murid-muridnya membawa timnas mereka ke final. Sosok tersebut adalah Miroslav Blazevic, guru dari Didier Deschamps dan Zlatko Dalic.

Pada tahun 1998 merupakan tahun bersejarah bagi Kroasia, soalnya pada Piala Dunia 1998 Kroasia berhasil mencapai prestasi tertinggi mereka saat itu yaitu menjadi juara ketiga Piala Dunia 1998. Sebelum menjadi juara ketiga, Timnas Kroasia yang dilatih oleh Blazevic dikalahkan timnas Prancis yang di kapteni Deschamps pada babak semifinal.

Dan pada saat ini Dalic yang menjadi pelatih timnas Kroasia di Piala Dunia 2018, berhasil masuk ke final Piala Dunia 2018 melampaui pencapaian tertinggi sang guru.
ZLATKO DALIC
Dalic pernah menjadi asisten Blazevic di klub lokal Kroasia yang bernama NK Varteks pada tahun 2004-2005.
Blazevic mengaku sangat terharu dan bangga melihat muridnya berhasil melewati pencapaian dirinya.
ā€Zlatko jelas melampaui saya dan membawa kebahagiaan untuk semua orang Kroasia di seluruh dunia,” ucap Blazevic
DIDIER DESCHAMPS
Disisi lain, Deschamps pernah menjadi pemain andalan Blazevic ketika menjadi pelatih klub Liga Prancis, Nantes pada tahun 1988 sampai 1991. Mantan pemain sekaligus kapten timnas Prancis tersebut sangat dipercayai oleh Blazevic.
Bahkan Blazevic sudah mengangkat Deschamps menjadi kapten Nantes ketika masih berusia 18 tahun. Blazevic mengaku bahwa Deschamps dilahirkan untuk menjadi pemimpin.

Meskipun kedua murid berada di final, Blazevic lebih mendukung timnas negaranya sendiri Kroasia. Terlebih lagi Blazevic masih menyimpan dendam kepada Prancis setelah dirinya dikalahkan oleh Deschamps dkk pada semifinal Piala Dunia 1998.
Sang mentor yakin bahwa final Piala Dunia 2018 merupakan momen pembalasan Kroasia

“Kemenangan atas Perancis akan menjadi keajaiban terhebat di dunia olahraga dalam 100 tahun terakhir,”
Kata-kata itu diutarakan oleh Blazevic
Dan sepertinya final yang sebentar lagi akan dimulai akan menjadi final yang sangat seru.
Pertandingan antar murid Blazevic, yang satu mengincar kemenangan kedua kalinya dan yang lain mengincar kemenangan untuk pertama kalinya.
Lalu siapakah yang akan menang? Prancis atau Kroasia?