Fakta Prancis di Final Piala Dunia 2018

Fakta Prancis di Final Piala Dunia 2018Sebentar lagi timnas Prancis akan bertarung melawan timnas Kroasia untuk memperebutkan gelar Juara Piala Dunia 2018 di Luzhniki Stadium. Pertandingan final ini diyakini akan berlangsung seru.
Prancis memiliki sejarah dimana dalam lima pertandingan terakhir melawan Kroasia, Prancis tidak pernah dikalahkan. Prancis berhasil menang 3 kali dan seri 2 kali.
Kemudian timnas Prancis juga pernah mengalahkan timnas Kroasia pada Piala Dunia 1998, yang mana waktu itu Prancis dikapteni Didier Deschamps yang sekarang menjadi pelatih Prancis.
Prancis memiliki catatan permainan yang baik melawan Kroasia. Bisa menjadi modal untuk mengalahkan Kroasia dan mendapatkan gelar Juara Piala Dunia 2018 untuk Prancis yang kedua kalinya.
Sambil menunggu dimulainya pertandingan, mari baca beberapa fakta soal timnas Prancis sepanjang sejarah Piala Dunia
1. Pertama. Dengan lolosnya Prancis ke babak final Piala Dunia 2018, Prancis menjadi tim keenam yang berhasil lolos tiga kali atau lebih ke final Piala Dunia. Dimana tim sebelumnya ada Jerman (delapan kali), Brasil dan Italia (enam kali), Argentina (lima kali), dan Belanda (tiga kali).

2. Jika menambahkan jumlah Prancis ke final Piala Dunia dan final Piala Eropa. Maka Prancis sudah masih ke Final turnamen besar sebanyak enam kali, yang mana tiga diantara lima berhasil dimenangkan

3. Tiga dari empat gol terakhir timnas Prancis di turnamen Piala Dunia diciptakan lewat skema bola mati. (2 tendangan pojok, 1 penalti)

4. Prancis memiliki lima pencetak gol di Piala Dunia, dan tiga diantaranya merupakan pemain belakang (Samuel Umtiti, Raphael Varane, dan Benjamin Pavard).

5. Piala Dunia 1998 dimana Prancis menjadi juara Piala Dunia, merupakan Piala Dunia terakhir dimana tiga pemain belakang Prancis mampu menciptakan gol.

6. Dari 14 pertandingan Prancis di fase gugur Piala Dunia, Prancis hanya kalah 2 kali (11 menang, 2 imbang, 2 kalah).

7. Jika seadainya Prancis menjadi pemenang Piala Dunia 2018, maka Didier Deschamps akan menjadi orang ketiga yang mampu memenangi Piala Dunia. Kedua orang sebelumnya adalah Mario Zagallo dan Franz Beckenbauer.

8. Kylian Mbappe memiliki kesempatan untuk menjadi pemain muda kedua yang berhasil menciptakan gol di Final Piala Dunia setelah sang anak ajaib Pele (Brasil).

9. Dari sembilan pertandingan di fase gugur turnamen besar (Piala Eropa dan Piala Dunia), Antoine Griezmann berhasil mencetak gol atau assisst untuk 11 gol pada sembilan pertandingan tersebut. Rekor ini lebih baik dari pemain Prancis lain dalam waktu 50 tahun terakhir, rekor yang melebihi Michel Platini (6) dan Zinedine Zidane (8).